Belajar Instagram Ads dengan Mudah

Spread the love

Instagram menjadi begitu menjanjikan untuk dijadikan lading usaha dan bisnis karena memiliki lebih dari 400 juta pengguna aktif tiap bulannya. Berbagai kesempatan untuk berbisnis seperti menjangkau pasar yang lebih luas dan target customer yang sangat banyak dan beragam membuat Instagram begitu menarik. Terlebih jika pengguna atau pelaku bisnis dapat memaksimalkan fitur Instagram ads.

Instagram Ads

Instagram Ads tayang seperti postingan pada umumnya, sehingga tidak nampak sama dengan iklan pada umumnya. Pengguna Instagram akan dengan mudah menemukan sebuah iklan tanpa menyadari bahkan itu iklan jika tidak dengan seksama melihat tanda ‘sponsored’. Tujuan membuat iklan pada Instagram sendiri sudah jelas, karena banyaknya target customer yang ada pada Instagram.

Membuat Akun Instagram Ads

Karena akuisisi Facebook atas Instagram pada tahun 2012, mengharuskan pengguna Instagram yang ingin memasang iklan harus membuat akun tersebut menjadi Instagram business. Untuk dapat membuat akun Instagram business, pengguna harus menghubungkan akun Instagram dengan akun Facebook. Lalu membuat Facebook page pada akun tersebut.

Hal tersebut tentunya memerlukan login pada akun Facebook yang sudah terdaftar. Sambungkan Instagram dengan Facebook page yang sudah ada atau dengan membuat satu Facebook page lainnya yang mengkhususkan dengan akun Instagram yang akan dipromosikan.

Sistem Pembayaran

Berbeda dengan Facebook, Instagram Ads mengatur biaya promosi berdasarkan lamanya postingan tersebut akan ditayangkan. Terdapat dua sistem pembiayaan promosi pada Instagram Ads, yaitu sistem pembiayaan anggaran harian dan sistem pembiayaan anggaran sepanjang masa.

Mengatur iklan untuk sistem harian akan membuat iklan akan tayang sepanjang hari. Biaya untuk sistem harian ini bergantung pada bermacam factor seperti target pasar, lamanya tayang, dsb. Namun, biaya minimal untuk sistem hariannya biasanya sekitar 25000 rupiah. Sedangkan untuk sistem sepanjang masa, iklan dapat ditayangkan untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan keinginan pengguna. Biaya akan bergantung pada semua periode waktu dan jadwal tayang yang ditentukan.

Membuat Iklan

  1. Mengedit Iklan

Mengedit iklan dengan menggunakan tool yang tersedia seperti Ads Manager, Power Editor dan Facebook Ads API. Setiap editor memiliki kegunaan masing masing dengan pertimbangan jumlah iklan yang akan dijalankan bersamaan. Setelah itu barulah buat iklan.

  1. Menentukan Tujuan Iklan

Tujuan iklan berisikan pilihan seperti ‘promosikan kiriman Anda’, ‘giring orang ke situs Anda’, dsb.

  1. Menentukan Target Pasar

Untuk dapat menentukan target iklan, pilih tujuan ‘giring orang ke situs Anda’ lalu akan muncul pilihan target orang pada bagian bawah ‘detil penargetan’ yang akan langsung membawa Anda pada pilihan demografi, minat, rentang usia, dsb. Setelah Anda memasukkan detil penargetan, Facebook akan menampilkan ‘definisi pemirsa’ yang berisikan seberapa luas cakupan target Anda sesuai detil penargetan.

  1. Posting

Instagram Ads tidak memiliki opsi titip penempatan iklan. Anda hanya harus memilih Instagram sebagai opsi penempatan.

  1. Menentukan Jadwal Tayang

Pengaturan jadwal tayang akan menentukan besaran biaya yang harus dibayarkan pada Instagram Ads. Menentukan jadwal tayang sangatlah penting, untuk itu Anda harus dapat memilih waktu yang tepat untuk menayangkan iklan Anda. Masuk pada menu ‘penjadwalan iklan’ dan tentukan waktu kampanye mulai dari pilihan anggaran per hari atau anggaran sepanjang masa, lalu tentukan selama apa kampanye akan berjalan, hingga hitungan per menitnya. Untuk mengatur iklan sesuai jadwal, gunakan pilihan anggaran sepanjang masa, ini akan memudahkan Anda untuk menayangkan iklan tanpa harus mengaturnya kembali.