Tips Penting untuk Menjadi Seorang Web Developer

Spread the love

Web Developer kini telah menjadi profesi yang memiliki prospek cerah saat ini dan dimasa yang akan datang. Hal ini didukung dengan semakin berkembangnya teknologi terlebih lagi internet. Bisa dibilang gaji web developer saat ini lumayan tinggi bahkan gaji seorang Web Developer dunia bisa mencapai rata-rata $7440 atau sekitar 100 juta rupiah per bulannya. Gaji tersebut belum dihitung dengan bonus lainnya. Hal ini membuat banyak orang mulai mencari tahu cara menjadi web developer.

Cara menjadi Web Developer

Banyak sekali hal yang perlu dipahami untuk menjadi web developer. Sebenarnya, web development memiliki dua jenis seperti Front End Development dan Back End Development. Sebelum mulai belajar kita harus memutuskan diantara keduanya yang akan dipelajari.

Front End Development merupakan segala hal yang dapat dilihat dari pengunjung situs. Oleh karenanya Front End Developer harus dapat dengan kreatif membuat desain website secara keseluruhan, membuat tombol atau fitur website yang menarik dan sebagainya.

Sedangkan Back End Development berhubungan dengan coding atau penulisan kode yang tidak dapat dilihat oleh user pengunjung. Back End Developer harus mengerti bagaimana cara memperbaiki dan memperbarui sistem, Library, API dan lainnya yang sejenis.

Kemampuan Dasar Web Developer

  1. HTTP

HyperText Transfer Protocol atau HTTP adalah salah satu protocol yang berguna untuk mengubah text menjadi www. Sangat penting bagi web developer untuk memahami proses yang berlangsung disisi server dan pengunjung pada saat web aktif.

  1. CSS dan HTML

Cascading Style Sheet (CSS) adalah sebuah tool desain web saat menggunakan HyperText Markup Language (HTML). HTML sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mendesain sebuah web. HTML berguna sebagai penentu struktur konten berupa image, list, paragraph dan heading, sedangkan CSS adalah penyaji struktur dan konten seperti alignment, layout, margin, color, font-family dan padding. CSS memang digunakan berbarengan dengan HTML.

  1. Javascript

Javascript berguna untuk menambah fitur website agar lebih hidup. Web developer harus dapat menguasai javascript agar dapat membuat website lebih interaktif dan dinamis. Selain itu javascript membuat representasi visual untuk para user. Javascript sendiri digunakan untuk membuat berbagai jenis fungsi pop-up atau tombol, seperti tombol follow, like, link social media, dan sebagainya. Dengan menggunakan javascript web developer dapat mengontrol kunjungan user seperti mencatat tombol apa saja yang digunakan user.

  1. SSP (Server Side Programming)

Bagian pemrograman web dinamis memerlukan bagian penting yang dinamakan Server Side Programming (SSP). SSP memiliki banyak sekali Bahasa pemrograman seperti yang umum digunakan seperti PHP, Perl, Ruby, Phyton, dan JSP sampai pada Bahasa pemrograman yang jarang seperti Scala, NodeJS, Go dan Haskell.

  1. DBMS

Data Base Management System (DBMS) sangat penting bagi Web dinamis sebagai sistem yang mengatur penyimpanan data. Program database yang saat ini terkenal adalah SQL (Structured Query Language). Bahasa pemrograman SQL berguna untuk memanipulasi informasi dari user yang dikumpulkan web seperti alamat, email, tanggal lahir, dan sebagainya. Informasi tersebut kemudian di filter, dihapus, digabungkan, atau ditambahkan dengan SQL.

  1. Web Server

Web Server digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibuat oleh Web Developer. Konfigurasi atau pengaturan Web Server seperti Nginx dan Apache berguna untuk membuat link Web menjadi SEO friendly.

  1. Linux

Mempelajari sistem operasi Linux dapat sangat membantu Anda menjadi Web Developer. Hal ini dikarenakan IOS dan Windows merupakan sistem operasi yang tertutup dan berbayar, sedangkan Linux menyediakan Open Source System yang gratis dan dapat diakses darimana saja. Anda dapat mendesain sendiri aplikasi yang cocok untuk sistem operasi Anda dan mempelajari coding dengan lebih mendalam. Selain itu dengan mempelajari Linux Anda akan dituntut untuk teliti pada segala hal besar maupun kecil seperti pentingnya huruf kapital dan kecil untuk penamaan file.

  1. Web Hack

Dengan memahami bermacam trik dari web hacking semacam XSS atau Cross Site Scripting dan SQL injection, Web Developer dapat mencegah berbagai serangan pembajak website dari luar maupun dalam. Mempelajari Web Hack juga dapat menanggulangi Web dari masalah kejahatan cyber.