Tips Membuat Website Company Profile

Spread the love

Saat ini mengembangkan usaha atau bisnis dapat dilakukan dengan berbagai cara. Entah dilakukan secara konvensional atau dengan berinteraksi fisik dan bisa juga dilakukan secara online. Banyak cara yang dapat digunakan untuk berbisnis melalui media online seperti promosi lewat sosial media ataupun dengan website. Mempromosikan produk perusahaan melalui website biasanya membutuhkan company profile.

Website Company Profile

Media promosi online yang saat ini digandrungi banyak perusahaan adalah website company profile. Website ini dibuat dengan bermacam tujuan seperti media promosi, berbagi informasi, menjual produk bisnis dan bahkan sebagai website untuk melakukan seleksi karyawan.

Hampir setiap perusahaan yang sudah berkembang memiliki website company profile ini. pada website ini biasanya pengunjung akan dengan mudah menemukan tujuan, visi dan misi perusahaan. Tidak lupa dengan info singkat perusahaan. Company profile bukan hanya sebagai ajang pamer desain website tiap perusahaan, namun juga berguna sebagai media berbagi konten.

Membuat Website Company Profile

Company Profile tidak hanya bisa dibuat oleh perusahaan besar, namun juga perusahaan berkembang atau industri pribadi juga dapat membuat company profile. Sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat company profile tanpa harus membayar penyedia jasa pembuatan website. Berikut ini tips membuat website company profile

  1. Menentukan Content Management System

Software untuk merancang dan mengubah website disebut dengan CMS (Content Management System). Beberapa CMS yang saat ini banyak dipakai adalah Blogspot, WordPress, Joomla, Wix dan Drupal. WordPress merupakan CMS yang saat ini banyak penggemarnya karena kelengkapan fiturnya.

  1. Membuat Domain Name

Di Indonesia nama domain yang terkenal adalah dengan ekstensi .com, .co.id dan .id. pastikan nama domainnya adalah nama perusahaan Anda apa pun ekstensinya. Memberikan nama domain yang jelas dan tidak begitu sulit untuk dihapalkan akan memudahkan pengunjung mencari website perusahaan Anda.

  1. Memilih Hosting

Setelah menentukan nama domain website perusahaan Anda, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih tempat untuk menampung berkas dan data website yang disebut hosting agar dapat diakses. Server merupakan bentuk fisik dari hosting yang berupa perangkat yang memiliki prosesor, RAM, dan hard disk. Menyewa hosting dari luar negeri ataupun dari Indonesia sendiri tentu akan memakan biaya sangat banyak, namun sekarang ini sudah banyak jasa yang menyewakan server hosting baik dari dalam maupun dari luar Indonesia.

  1. Mengatur Website

Selanjutnya mengatur website pada server hosting yang sudah Anda tentukan. Jika Anda memilih WordPress sebagai CMS untuk website Anda, install wordpress pada software yang telah tersedia pada server hosting.

Setelah itu mendesain website sesuai dengan tujuan perusahaan membuat website tersebut. Website sudah live apabila CMS sudah diinstal pada hosting, namun Anda bisa melakukan pengaturan pada website. Pertama-tama buka menu ‘appearance’ lalu pilih ‘themes’ dan pilih ‘add new’. Setelah itu pilih theme yang cocok untuk website company profile. Biasanya pilihan ‘theme’ bisa berbayar atau bisa juga sudah ada yang tersedia dengan gratis.

  1. Membuat Page Profile dan Konten

Selanjutnya menyusun halaman yang berisikan informasi mengenai perusahaan Anda. Bisa saja berisikan sejarah perusahaan, siapa saja yang berperan dalam perusahaan dan pengembang website, serta bisa juga berisikan ulasan singkat tentang produk unggulan perusahaan. Selanjutnya Anda hanya perlu mengisi website dengan berbagai macam fitur, informasi, layanan perusahaan dan produk-produk yang akan dijual.